Pelatihan dan Penyegaran Kader Posyandu Se-Desa Mekar Bhuwana Bertepatan Dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional

  • 13 November 2018
  • Dibaca: 1042 Pengunjung
Pelatihan dan Penyegaran Kader Posyandu Se-Desa Mekar Bhuwana Bertepatan Dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional atau dikenal dengan HKN diperingati pada tanggal 12 November. Setiap setahun sekali HKN selalu diperingati di Indonesia yang merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk berfokus membangun diri, keluarga, masyarakat dan negara, khususnya di bidang pembangunan kesehatan. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 (12/11/2018) kemarin, diselenggarakan “Pelatihan Dan Penyegaran Kader Posyandu Lansia dan Balita Se-Desa Mekar Bhuwana” yang bertempat di Kantor Desa Mekar Bhuwana. Perwakilan dari Puskesmas 2 Abiansemal yaitu Ni Made Widiastuti, S.Amd. Keb dan Ni Wayan Wikan Sari, S.Amd. Keb menjadi narasumber pada Pelatihan dan Penyegaran Kader Posyandu kali ini. Sasaran yang dituju merupakan kader dari setiap banjar di Desa Mekar Bhuwana. Kader-kader tersebut diberikan penjelasan tentang tugas-tugas yang diemban saat menjadi kader aktif untuk menggerakan kesehatan di masing-masing banjar. Topik utama dalam Penyegaran Kader ini adalah mengenai pelayanan terhadap lansia dan juga balita.

Kader-kader yang menjadi peserta diberikan pembekalan mengenai bagaimana cara menangani para lansia. Memasuki umur lansia kadang-kadang membuat seseorang menjadi lemah, tidak  bersemangat, merasa tidak berguna dan sering sakit. Seakan-akan masa tua itu hanya menunggu kematian. Kondisi seperti ini sebaiknya ditepis jauh-jauh. Meskipun usia sudah tidak muda lagi, tetapi motivasi dan semangat hidup tetap harus kuat. Maka dari itu kader berperan penting untuk menangani masalah tersebut. Bagaimana cara menangani lansia dengan keadaan fisik dan daya tahan tubuh yang mulai melemah, membangkitkan gairah para lansia agar tidak terlalu memikirkan masalah kehidupan yang rumit di usia senja, menyadarkan para lansia tentang pentingnya menjaga kesehatan diri, bagaimana cara menyikapi lansia dengan baik mengingat ketika memasuki umur yang sudah dikategorikan lansia perasaan seseorang akan menjadi lebih sensitif .

Selain itu juga diberikan pembekalan menyangkut pencegahan agar balita tidak mengalami kurang gizi atau stunting. Stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Himbauan tentang pentingnya memperhatikan perkembangan seorang balita merupakan faktor utama untuk mencegah terjadinya stunting pada balita. Banyak yang tak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah pertumbuhan si kecil. Apalagi, jika stunting dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Hal ini harus segera ditangani dengan segera dan tepat. Pasalnya stunting adalah kejadian yang tak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi.

Perbekel Desa Mekar Bhuwana mengharapkan dengan adanya Kegiatan Pelatihan dan Penyegaran Kader Posyandu ini agar bisa membuka wawasan para kader untuk menangani masalah-masalah kesehatan yang terjadi pada masyrakat di masing-masing banjar. Mengingat peran kader sangat penting halnya untuk membentuk sebuah desa dengan kualitas kesehatan warga terjamin. Sehingga pencegahan kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada kesehatan terutama pada lansia dan juga balita dapat segera ditangani oleh para kader sebagai tindakan pertolongan pertama.

 

013/Widi Paramita/KIM-MB/2018

  • 13 November 2018
  • Dibaca: 1042 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita